Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi
: 4. Mengungkapkan pikiran,perasaan,
dan informasi
secara tertulis
dalam bentuk
formulir,ringkasan,dialog dan
parafrase
Waktu : 4 X
35 menit
MENULIS
A. Kompetensi Dasar
4.2. Membuat
ringkasan dari
teks yang dibaca atau
didengar
B.
Tujuan Pembelajaran**
§ Siswa dapat Membaca cerita pendek
§ Siswa dapat Menjawab pertanyaan berdasarkan cerita yang dibaca
§ Siswa dapat Menentukan urutan
peristiwa cerita pendek
§ Siswa dapat Meringkas cerita
yang dibaca berdasarkan
urutan peristiwa
§ Siswa dapat Mengidentifikasi
kata-kata
bersinonim yang terdapat dalam teks bacaan
§ Siswa dapat Mencari antonym
kata yang terdapat dalam bacaan
v Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines), Rasa hormat
dan
perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ),
Tanggung jawab
( responsibility )
Berani ( courage
) dan Ketulusan
( Honesty )
C. Materi Pokok
- Teks
Cerita pendek
D. Pengalaman Belajar
Apersepsi dan Motivasi :
- Kegiatan
Awal :
- Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang
akan
dipelajari
- Mengajukan pertanyaan tentang teks
cerita pendek yang
akan
dibacakan
- Kegiatan Inti
A. Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
- Membaca cerita pendek
- Menjawab
pertanyaan
berdasrkan cerita
pendek yang dibaca
B.Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
- Menentukan
urutan peristiwa cerita
pendek
- Meringkas
cerita pendek yang dibaca
- Mengidentifikasi kata-kata
bersinonim yang terdapat
dalam ceriota yang dibaca
- Mencari antonym
kata-kata yang terdapat dalam cerita yang dibaca
C. Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
- Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
- Guru
bersama siswa
bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan
dan penyimpulan
D. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
- Tanya jawab,diskusi,penugasan
-
Membaca cerita pendek yang lain dan meringkas isi ceritanya
- Menentukan antonym dan sinonim kata yang ada dalam cerita pendek yang dibaca
E.
Metode/Sumber Belajar:
§ Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan,
/Multi metode
§ Sumber Belajar
: Buku Bina Bahasa Indonesia
Kelas 6 A Kurikulum
2006 KTSP
F. Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
· Siswa dapat
membaca cerita pendek
· Siswa dapat
menjawab pertanyaan berdasar-kan cerita
yang dibaca
· Siswa dapat
menentukan
urutan peristiwa cerita pendek
· Siswa dapat
meringkas cerita yang dibaca berdasar-kan urutan
peristiwa
· Siswa dapat
mengidentifikasi
kata-kata bersinonim yang
terdapat dalam
teks
bacaan
· Siswa dapat
mencari
antonym kata yang terdapat
dalam
bacaan
|
Lisan Tertulis Penugasan
|
Lembar penilaian
Produk
|
· Jawablah pertanyaan
berdasar-kan cerita
yang di baca!
· Buatlah
ringkasan cerita yang dibaca berdasar-kan urutan peristiwa!
|
FORMAT
KRITERIA PENILAIAN
& PRODUK ( HASIL DISKUSI )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian
besar benar
* sebagian
kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& PERFORMANSI
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan Praktek Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif
Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor
: jumlah skor maksimal ) X
10.
@ Untuk siswa
yang tidak memenuhi
syarat penilaian KKM maka
diadakan Remedial.
..................... ,2 1 Juli 2017
Mengetahui
Plt.Kepala
Sekolah Guru Mapel Bahasa indonesia
0 comments:
Post a Comment