Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi
: 4. Mengungkapkan pikiran,perasaan,
dan informasi
secara tertulis
dalam bentuk
formulir,ringkasan,dialog dan
parafrase
Waktu
: 4 X 35
menit
MENULIS
A. Kompetensi Dasar
4.3 Menyusun
percakapan
tentang berbagai
topic dengan memperhatikan
penggunaan
ejaan yang baik dan benar Tanda titik dua (
: )
B.
Tujuan Pembelajaran**
§ Siswa dapat Memahami penggunaan
tanda titik dua (:) dalam
teks percakapan
§ Siswa dapat Memperagakan teks percakapan
§ Siswa dapat Mencatat informasi
penting yang terdapat
dalam teks percakapan
§ Siswa dapat Melengkapi teks
percakapan yang belum selesai
§ Siswa dapat Memperagakan teks percakapan yang dibuat
sendiri
v Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines), Rasa hormat
dan
perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung
jawab ( responsibility
) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty
)
C. Materi Pokok
- Teks Percakapan
- Teks Percakapan
D. Pengalaman Belajar
- Kegiatan Awal : Apersepsi dan Motivasi :
- Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
- Mengajukan pertanyaan tentang tek percakapan yang akan dibaca atau didengarkan
- Kegiatan Inti :
- Kegiatan Awal : Apersepsi dan Motivasi :
- Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
- Mengajukan pertanyaan tentang tek percakapan yang akan dibaca atau didengarkan
- Kegiatan Inti :
A. Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memahami penggunaan
tanda titik dua ( : )
dalam teks percakapan
B. Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Memperagakan teks percakapan
F
Mencatat
informasi penting yang terdapat
dalam teks percakapan
F Melengkapi
teks
percakapan yang belum selesai
F
Memperagakan teks
percakapan yang dibuat sendiri
C.Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru
bersama siswa
bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan
dan penyimpulan
D. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup,
guru:
F Tanya jawab,diskusi,penugasan
F
Menyusun percakapan dan
memperagakannya di depan
kelas
E.
Metode/Sumber Belajar:
§ Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan,
/Multi metode
§ Sumber Belajar
: Buku
Bina Bahasa Indonesia Kelas
6 A Kurikulum 2006 KTSP
F. Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
· Siswa memahami
penggunaan tanda titik dua
( : ) dalam teks percakapan
· Siswa memperagakan teks
percakapan
· Siswa mencatat informasi penting yang
terdapat dalam
teks
percakapan
· Siswa melengkapi
teks
percakapan yang belum selesai
· Siswa memperagakan percakapan yang dibuat
sendiri
|
Lisan Tertulis Penugasan
|
Lembar penilaian
Produk
|
· Buatlah
catatan informasi
penting yang terdapat dalam
teks percaka-pan!
|
FORMAT
KRITERIA PENILAIAN
& PRODUK ( HASIL DISKUSI )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
|
4
|
* sebagian besar
benar
* sebagian
kecil benar
* semua salah
|
3
2
1
|
& PERFORMANSI
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif
Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor
: jumlah skor maksimal ) X
10.
@ Untuk siswa
yang tidak memenuhi
syarat penilaian KKM maka
diadakan Remedial.
2017
Mengetahui
............. ,2 1 Juli
Plt.Kepala
Sekolah Guru Mapel Bahasa indonesia
0 comments:
Post a Comment